Jumat, 07 Januari 2011

Gua Budha Termegah di seluruh Dunia

Candi Kuno yang dibangun dengan memahat tebing batu !



Gua Ajanta adalah salah satu gua Budha termegah di seluruh India. Terletak pada jarak sekitar 100 km dari Aurangabad dan 40 km dari Jalgaon. Banyak Situs Warisan Dunia UNESCO di Maharashtra, gua ini telah ada sejak  abad 2 SM. Ada sekitar 30 gua di lokasi Ajanta,Diantaranya chaitya-grihas. Sisa dari gua telah ditemukan terdiri dari biara. Kemudian Ajanta Caves itu sendiri ditemukan tahun 1819 AD dan beberapa lukisan yang ditemukan di dalamnya dibuat antara abad ke 5 dan 7. Hampir masing-masing dan setiap lukisan yang ditemukan di tempat gua ini bercerita tentang agama Buddha. Beberapa dari mereka menggambarkan Buddha, dan sebaian lagi Bodhisattva, sementara sebagian lainnya merupakan kisah-kisah Jataka dan insiden dari kehidupan Sang Buddha. Pada Ajanta terlihat bentuk lukisan dasar yang di poles lumpur - plester tanah sebagai tehnik tempera. Ajanta jauh dari pemukiman, lingkungan terisolasi di tengah-tengah, gua ini dibangun di tengah sebuah batu besar. Tujuan utama di balik pembangunan Gua Ajanta adalah untuk menyediakan tempat tinggal dan tempat berdoa bagi para biarawan Buddha, yang berdedikasi terhadap misi penyebaran prinsip-prinsip agama Buddha di seluruh dunia. Semua dari mereka telah diukir dengan presisi dan dihiasi dengan rincian arsitektur indah.

Berikut poto Ajanta cave:



Aurangabad






Image Credit Flickr User kun0me



imge


Wikipedia dan beberapa sumber


1 komentar:

Riezkhan mengatakan...

Gile bener! kalo di pikir pikir orang dulu ternyata karya seninya luar biasa yak! khususnya pahat batu...