Rabu, 26 Januari 2011

Fenomena Matahari Kembar !!


Ho ho ho.. jangan panik! Kalau suatu saat melihat ada 3 buah Matahari.., bukan berarti Kiamat sudah dekat.
Ini adalah sebuah Fenomena Alam yang disebut dengan istilah sundog/parhelion.
Fenomena dimana matahari terlihat berjumlah lebih dari 1 buah. Nama ilmiahnya parhelion, sama dengan parhelia, dari bahasa Yunani parēlion,disebut juga matahari tiruan. 
Fenomena Sun Dog (Sundog) yang kadang juga disebut dengan Parhelion adalah sebuah fenomena ketika kita bisa melihat adanya kumpulan cahaya tambahan di kedua sisi matahari.
Kadang, kumpulan cahaya ini bisa terlihat seperti bola yang membuat kita berpikir kalau cahaya ini adalah matahari tambahan atau matahari kembar atau matahari jadi 2.

 Berikut ini foto foto Sundog.





Parhelion adalah sebuah fenomena atmosfer yang menciptakan titik-titik terang cahaya di langit, berbentuk sebuah cincin atau lingkaran bercahaya di kedua sisi matahari,


Koq bisa..?
Sun Dog terjadi ketika cahaya matahari bersinar menembus kumpulan lempeng es kristal hexagonal yang tersusun secara horizontal di langit yang mengakibatkan cahaya itu dibelokkan dengan sudut minimum 22 derajat.atau bisa juga terbentuk pada cuaca yang sangat dingin oleh kristal yang bernama “diamond dust” yang melayang di udara pada ketinggian yang rendah. Sundogs terbentuk saat cahaya memasuki bagian prisma secara hampir vertikal dari kristal dan keluar melalui bagian lainnya dengan sudut inklinasi 60° dari sudut datang.



 Sundog saat Matahari rendah
Referensi - wikipedia





1 komentar:

Anonim mengatakan...

Man is a creature that has the potential to master science. Allah is He Who taught man all the things previously unknown...

(QS Al-'Alaq[96]:5)